Alasan Sebenarnya Tiktok Shop Ditutup Oleh Pemerintah

logo tiktok shop
Alasan Sebenarnya Tiktok Shop Ditutup Oleh Pemerintah

Tiktok shop adalah fitur jual beli daring yang dimilik oleh salah satu sosial media terbesar di Indonesia ataupun di dunia. Tiktok shop diluncurkan oleh platfom media sosial Tiktok sejak 17 April 2023. Banyak promo menarik yang telah diberikan oleh tiktok shop ini mulai dari diskon belanja, gratis ongkir, cashback belanja dll. Penggunaannya pun sangat mudah dan interaktif.

Pada 4 Oktober 2023 kemarin Tiktok shop telah menutup fitur layanannya dikarenakan tidak sesuai dengan peraturan baru yang telah ditetapkan oleh Mentri Perdagangan Republik Indonesia nomor 31 tahun 2023 tentang "PERIZINAN BERUSAHA, PERIKLANAN, PEMBINAAN, DAN PENGAWASAN PELAKU USAHA DALAM PERDAGANGAN MELALUI SISTEM ELEKTRONIK". Atas Terbitnya aturan ini tiktok mengambil keputusan untuk menutup fitur layanan nya yaitu tiktok shop.

Tentu ini menjadi keresahan bagi semua Tiktok Seller Center tentu nya dikarenakan lapak dagangan online mereka tergusur terkena imbas peraturan baru ini. Tak hanya Tiktok Seller Center saja ternyata, bahkan banyak netizen yang telah terlanjur nyaman dengan jual beli online di tiktok shop ini merasa kecewa. Banyak netizen meluapkan kekecewaannya melalui komen- komen di akun media sosial milik Mentri Perdagangan Republik Indonesia yaitu bapak Zulkifli Hasan.

Penutup, semoga apa yang telah terjadi bisa ada hikmah yang baik untuk kita semua. Yang jualan di tiktok nanti dapat ganti yang lebih baik lagi entah itu jualan di online shop lain atau mungkin bisa jualan ditiktok lagi nantinya (dalam versi lain). Semoga pemerintah bisa menyelesaikan masalah ini dengan baik. Semoga penjual umkm baik yang jualan online atau offline bisa mendapat kenaikan penjualan kedepannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url