Pelatihan UMKM oleh Pemerintah: Mendorong Pertumbuhan dan Daya Saing UMKM

Pelatihan UMKM oleh Pemerintah: Mendorong Pertumbuhan dan Daya Saing UMKM
Pelatihan UMKM oleh Pemerintah: Mendorong Pertumbuhan dan Daya Saing UMKM

Rakyat Resah. Pemerintah Indonesia telah mengambil berbagai langkah untuk memperkuat daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui program pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para pelaku UMKM agar mereka dapat menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif.

Berikut ini adalah beberapa program pelatihan UMKM yang diselenggarakan oleh pemerintah:

Pelatihan Digitalisasi Pemasaran dan Manajemen Produk Halal

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Koperasi dan UKM, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama, serta Pusat Layanan Usaha Terpadu KUMKM (PLUT-KUMKM) menyelenggarakan Program Pusat Layanan Usaha Terpadu Educational Center (PLUTEC) dengan tema Pelatihan Digitalisasi Pemasaran dan Manajemen Produk Halal bagi KUMKM dan Wirausaha. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan digitalisasi UMKM dalam pemasaran dan sertifikasi halal.

Pelatihan Kewirausahaan Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyelenggarakan program pelatihan kewirausahaan digital sebagai bagian dari beasiswa Digital Talent Scholarship. Program ini ditujukan untuk membantu UMKM dalam penyesuaian bisnis ke ruang digital atau digital onboarding. Pelatihan ini mencakup berbagai aspek digitalisasi bisnis, termasuk pemasaran online dan pengembangan kemampuan berbahasa Inggris.

Pelatihan Scaling-Up UMKM/UMi

Kominfo juga menyelenggarakan pelatihan digital untuk petani dan nelayan dalam rangka pengembangan dan pendampingan usaha di sektor pertanian dan perikanan. Program ini merupakan bagian dari Gerakan UMKM Jualan Online yang telah ada sejak 2017 dan ditingkatkan seiring dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Pelatihan Berjenjang UMKM oleh Kementerian Koperasi UKM RI

Program pelatihan berjenjang UMKM telah menghasilkan pertumbuhan omset peserta sebesar 224%, penambahan aset peserta sebesar 168%, dan peningkatan tenaga kerja sebesar 209%. Pelatihan ini mencakup berbagai jenis pelatihan, seperti manajemen usaha dan keuangan, manajemen operasional dan SDM, manajemen pemasaran, strategi branding, public speaking, dan negosiasi bisnis. Pendaftaran untuk pelatihan ini biasanya dilakukan secara online dengan kuota peserta yang terbatas.


Program pelatihan UMKM yang diselenggarakan oleh pemerintah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para pelaku UMKM agar mereka dapat menghadapi tantangan dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan UMKM dapat meningkatkan daya saingnya, memperluas jangkauan pasar, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital dalam pemasaran dan manajemen produk.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url