Sejarah Perkembangan Baju

Sejarah Perkembangan Baju
Sejarah Perkembangan Baju

Rakyat Resah. Baju merupakan kebutuhan dasar manusia yang telah berkembang pesat seiring waktu. Dari yang awalnya hanya berupa penutup tubuh sederhana, kini baju telah menjadi bagian dari ekspresi diri dan budaya. Artikel ini akan mengulas sejarah perkembangan baju dari masa ke masa.

Masa Prasejarah

Pada masa prasejarah, manusia menggunakan kulit binatang dan tumbuhan sebagai penutup tubuh. Mereka mengikat atau menjahit bahan-bahan tersebut dengan menggunakan tulang atau tanduk. Pakaian ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari cuaca dan lingkungan yang keras.

Masa Kuno

Di Mesopotamia dan Mesir Kuno, orang-orang mulai menenun kain dari bahan seperti linen dan wol. Kain tersebut kemudian dijahit menjadi pakaian yang lebih rumit. Pakaian ini seringkali dihiasi dengan sulaman dan perhiasan.

Masa Abad Pertengahan

Pada masa Abad Pertengahan, pakaian menjadi lebih berlapis-lapis dan rumit. Pakaian wanita terdiri dari rok panjang, korset, dan gaun yang menutupi seluruh tubuh. Pakaian pria terdiri dari tunik, celana panjang, dan jubah. Pakaian ini mencerminkan status sosial dan kekayaan seseorang.

Masa Renaissance

Masa Renaissance membawa perubahan besar dalam mode. Pakaian menjadi lebih longgar dan nyaman. Wanita mengenakan gaun dengan rok lebar dan korset yang lebih longgar. Pria mengenakan pakaian dengan warna-warna cerah dan hiasan yang lebih banyak.

Masa Baroque

Masa Baroque ditandai dengan pakaian yang berlebihan dan mewah. Wanita mengenakan gaun dengan rok yang sangat lebar dan korset yang sangat ketat. Pria mengenakan pakaian dengan banyak renda, pita, dan hiasan.

Masa Rokoko

Masa Rokoko merupakan kelanjutan dari masa Baroque, namun dengan gaya yang lebih ringan dan anggun. Wanita mengenakan gaun dengan rok yang lebih sempit dan korset yang lebih longgar. Pria mengenakan pakaian dengan warna-warna pastel dan hiasan yang lebih sedikit.

Masa Revolusi Industri

Revolusi Industri membawa perubahan besar dalam produksi tekstil. Mesin tenun dan mesin jahit membuat pakaian menjadi lebih mudah diproduksi dan lebih terjangkau. Pakaian menjadi lebih sederhana dan praktis.

Masa Modern

Pada masa modern, mode terus berkembang pesat. Muncul berbagai gaya dan tren baru. Pakaian menjadi lebih beragam dan mencerminkan individualitas pemakainya.

Kesimpulan

Sejarah perkembangan baju menunjukkan bahwa pakaian telah menjadi bagian integral dari kehidupan manusia. Dari yang awalnya hanya berupa penutup tubuh sederhana, kini baju telah menjadi bagian dari ekspresi diri, budaya, dan status sosial. Perkembangan mode terus berlanjut hingga saat ini, mencerminkan perubahan nilai-nilai dan gaya hidup masyarakat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url