Tradisi Menghias Meja Makan saat Lebaran

Tradisi Menghias Meja Makan saat Lebaran
Tradisi Menghias Meja Makan saat Lebaran

Rakyat Resah. Lebaran, hari kemenangan umat Islam setelah sebulan berpuasa, menjadi momen yang spesial untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Salah satu tradisi yang tak terpisahkan dari perayaan Lebaran adalah menghias meja makan.

Makna Menghias Meja Makan

Menghias meja makan saat Lebaran memiliki makna simbolis yang mendalam. Meja makan yang tertata rapi dan indah merepresentasikan rasa syukur dan kebahagiaan atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Selain itu, tradisi ini juga merupakan bentuk penghormatan kepada para tamu yang berkunjung.

Tata Cara Menghias Meja Makan

Dalam menghias meja makan saat Lebaran, terdapat beberapa tata cara yang umum dilakukan:
  • Gunakan Taplak Meja yang Berwarna Cerah: Taplak meja berwarna cerah, seperti merah, kuning, atau hijau, akan menciptakan suasana yang meriah dan ceria.
  • Tata Piring dan Gelas dengan Rapi: Piring dan gelas harus ditata dengan rapi dan simetris. Gunakan piring dan gelas terbaik yang Anda miliki.
  • Letakkan Hidangan Utama di Tengah Meja: Hidangan utama, seperti opor ayam atau rendang, biasanya diletakkan di tengah meja sebagai pusat perhatian.
  • Sajikan Hidangan Pendamping di Sekitar Hidangan Utama: Hidangan pendamping, seperti ketupat, lontong, atau sambal goreng, disajikan di sekitar hidangan utama.
  • Hiasi dengan Bunga atau Lilin: Bunga segar atau lilin dapat menambah keindahan dan keharuman pada meja makan.
  • Sediakan Kursi yang Cukup: Pastikan menyediakan kursi yang cukup untuk semua tamu yang akan hadir.

Tips Tambahan

  • Sesuaikan dengan Tema Lebaran: Jika Anda ingin menghias meja makan dengan tema Lebaran, gunakan warna-warna khas Lebaran, seperti hijau, kuning, atau merah.
  • Gunakan Dekorasi Tradisional: Dekorasi tradisional, seperti ketupat atau bedug, dapat menambah suasana Lebaran yang kental.
  • Libatkan Anak-Anak: Ajak anak-anak untuk membantu menghias meja makan. Ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan berkesan bagi mereka.
Dengan menghias meja makan dengan indah dan penuh makna, Anda dapat menciptakan suasana Lebaran yang hangat dan penuh kebersamaan. Tradisi ini akan menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi keluarga dan kerabat Anda.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url